Posted in motivasi, njul cerita-cerita.., ODOPfor99days2017

Resolusi, oh resolusi….

066078200_1451654125-happy-new-year-2016-resolution-ideas-meme-6

“Udah tahun baru nih, lo kapan kawin?”

“Anaknya udah 2 tahun ya Bu, kapan dong nambah adeknya?”

“Udah tahun 2017 nih, lo kapan kurusnya?”

Pertanyaan-pertanyaan itu, biasanya selalu bertebaran di momen-momen tahun baru, termasuk yang terakhir, yang paling menohok buat saya hahaha. Tahun baru, selalu identik dengan resolusi.
Ya, resolusi. Apa sih resolusi itu?

Kalo kata KBBI sih,

resolusi/re·so·lu·si/ résolusi/ n putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal.

Bottom line : Kebulatan (tekad).

“Tahun ini, gue harus punya resolusi niii! 2017 ini 2017!”

“Resolusi mah, udah aja pake resolusi tahun sebelumnya yang ga kesampean!”

Di sela kepusingan ngerjain rundown berita siang ini, Mbak Woro, produser senior saya tiba-tiba ngacapruk soal resolusi 2017, sambil pesen beliin gado-gado ke OB kantor. Tahun ini harus berubah pola makan, jadi makan sehat, katanya. Secara, abis pusing ngerjain rundown, kita emang kalo makan sukanya kadang mentok apa aja yang ada di kantin, kan.. Ketoprak lagi, ketoprak lagi, gudeg lagi, gudeg lagi.. Itu sih saya aja kali ya.. Haha.

Anyways, saya jadi kepikiran juga, ini udah hari kedua di tahun 2017, tapi ga kaya tahun-tahun sebelumnya, saya kok ga begitu antusias mikirin resolusi tahun baru. Ini apa sayanya yang males, atau sekarang jadi cepet pasrah yak… -__-”
Padahal dulu pas jaman SMA, kayanya tiap tahun baru udah rajin nulis resolusi di notes atau diary dengan warna-warni lengkap biar semangat.. Bahkan dulu rajin bikin target 5 tahunan (yang sekarang entah kemana ya notesnya.. Malu juga sih kalo ketemu, isinya lengkap ada daftar kecengan juga, haha, kegilaan masa muda)..
Tapi kayanya udah ketuaan kali ya, kalo sekarang bikin-bikin kaya gituan, mau kepala tiga masak ya masih pake tempel-tempel, stabilo dan spidol warna-warni. 😀

Terlepas dari segala kontroversi merayakan tahun baru, sebenarnya resolusi (yang ditulis dan diabadikan) itu punya makna penting sih. Dia bisa jadi target life goals kita, apa yang mau dicapai dan apa yang gagal dicapai  dan bisa diteruskan di tahun berikutnya.

Jadi, di postingan perdana #ODOPfor99days2017 yang ditulis curi-curi kelar on air Kompas Siang 2 Januari 2017 ini, saya akan membulatkan tekad, membuat resolusi.

1) Memboyong Kynan ke Jakarta
Gak kerasa udah 2 tahun lebih 2 bulan, dia tinggal bersama nenek-kakeknya. Udah saatnya saya dan si Mas berhenti jadi LDP (Long Distance Parents) dan bonding sama Kynan. Selama ini ga pernah ada masalah untuk bonding sih, dia juga ngga sampe lupa sama orangtuanya, tapi pengen cepet-cepet diboyong biar dia bisa lebih cepet punya adek juga… Hehe.

2) Belajar (dan menghapal) Al Quran
Dengan kehadiran Kynan yang makin besar dan makin kritis, semoga Ayah Bunda nya tahun ini bisa lebih banyak meluangkan waktu untuk kembali memperdalam ilmu agama untuk fondasinya kelak. Bismillah.

3) Makan sehat
Selama 2016, kebiasaan ini paling lama bertahan cuma seminggu. Now it’s time for a change (kalo istiqomah, hahaha… Ayo dong Njul, harus!)

4) Kurus
It’s been on the list for like……….. almost a decade. HAHAHAHAHA.
Suuuusaaaaaaaah banget menaklukkan jarum timbangan, biar bisa turun paling gak 10 kilo aja… Abis melahirkan, kayanya susaaaah banget turun lagi. Tapi gogoda teh ya, banyak banget pas udah niat mau kurus tu.. Pengen nangis kalo liat timbangan, tapi ga tahan kalo liat martabak keju ovomaltine. Duh!

5) Olahraga Sekali Seminggu
Urusan olahraga, saya selalu inget salah satu hadits yang isinya Allah selalu suka amalan baik yang sedikit, tetapi istiqamah. Ga mau ambisius juga punya target olahraga tiap hari tapi ujungnya goleran cuma di kasur aja, haha, penyakit.

6) Writing Resolution!
Ini jadi salah satu alasan kenapa saya pengen gabung ke komunitas ODOP ini. (Makasih Monik, udah diajakin :-*) .. There’s a lot of things going on in my head, tapi ga punya waktu buat nulis. Bismillah, mudah-mudahan bisa jadi jalan buat refreshing juga biar ga cuma nulis naskah berita aja yang makin hari makin rudet dan ada-ada aja… #baelahcurcoldikit

7) Nabung Haji
Beruntunglah orang-orang yang sudah dapat kesempatan untuk berhaji. Saya jadi makin semangat untuk nabung haji setelah Monik, sahabat saya sejak kecil, di usia seumuran saya, udah bisa berhaji, meski berangkat dari Belanda karena lagi sekolah disana. Saya sih ga muluk-muluk amat pengen berangkat haji dari negara lain.. Yang penting udah niat ngantongin nomor porsi, nunggu waiting listnya semoga Allah SWT masih berbaik hati untuk ngasih saya umur… 🙂

Baru tujuh. Tapi bikin resolusi tahun baru itu kan bukan balapan juga yak, pabanyak-banyak. Pastinya masih akan ada target-target dan impian jangka pendek lain yang pengen dicapai di tahun ini. Semoga inget untuk update, dan diberi Allah kekuatan dan kesempatan untuk mewujudkannya.

BISMILLAH! 😀

Advertisements

Author:

a proud wife. a happy mom. a journalist. an eager learner. mahmud abas : mamah muda anak baru satu. pujaan hati Tri Mujoko Bayuaji. former genetician. intellectually scientist, emotionally journalist. BI ITB'06. a runner and (still) a Sennheiser-junkie. any inquiry? don't hesitate to contact me at nuzulyasafitri@gmail.com.

2 thoughts on “Resolusi, oh resolusi….

  1. Njuuuuuulll ah kangeenn pisaaan baca tulisan njul (kangen sama njulnya juga), aduh eta diary dengan tulisan warnawarni dan daftar kecengan mwahahaha..
    Semoga semua resolusi njul berjalan baik dan lancarrr, aamiin..
    Peluk masKynannnn..

    1. Moniiik, makasih yaa akhirnya bisa gabung ODOP jugaa.. hihi..tiap baca tulisan Monik malah bikin Njul jadi semangat nulis. Another way to cheer and console each other while we’re thousand miles away..
      Daftar kecengan paling lengkap ada di buku GSG tea (dimana ya buku itu terakhir, hahaha)..
      Semoga tahun ini lancarr2 buat kita semua yaa Niiq, happy barokah selalu..
      :-*

      salam cium juga buat Runa yang makin jago judonya.. kereeen!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s